Cari Tahu Yuk Mengapa AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Berangin

Ketika anda memasuki mobil pada siang hari pastinya anda pun akan ingin merasakan dinginnya udara yang disebabkan oleh AC. Akan tetapi bagaimana jika ac mobil tidak dingin dan hanya berangin saja? Kondisi ini pun pastinya tidak akan menyenangkan. Untuk itu, anda pun perlu untuk mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab dari AC yang tidak dingin tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

Penyebab Yang Perlu Anda Ketahui Ketika AC Hanya Berangin Dan Tidak Dingin
1. Evaporator Yang Tersumbat
Untuk hal pertama yang bisa menjadi faktor AC menjadi hanya berangin saja adalah pada evaporatornya. Penyumbatan yang terjadi pada evaporator ini tentu saja akan membuat AC di dalam mobil anda menjadi tidak dingin. Hal yang bisa menjadi penyebab dari tersumbatnya evaporator ini adalah kotoran dan debu. Dimana kedua hal tersebut akan membuat aliran udara yang berasal dari blower akan menjadi terhambat.

Dengan terhambatnya aliran tersebut maka akan membuat AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja. Sehingga keadaan tersebut akan mampu mengganggu sistem kerja dari AC tersebut. Debu ataupun kotoran yang masuk ke dalam evaporator tersebut akan bisa masuk melalui hisapan blower. Dimana hisapan blower tersebtu akan terhubung ke dalam evaporator.

2. Putusnya Fan Belt
Hal lain yang bisa menjadi penyebab dari AC di dalam mobil anda menjadi tidak dingin adalah adanya drive belt yang putus. Drive belt ataupun fan belt ini sendiri berfungsi untuk menyalurkan putaran pada mesin untuk menuju ke kompresor. Untuk itu, jika fan belt tersebut putus maka nantinya kompresor pun akan tidak mampu bekerja secara normal seperti biasanya.

Sehingga hal tersebut akan berakibat aliran freon juga tidak akan bersirkulasi secara sempurna. Untuk itu, anda pun perlu membanya menuju tempat service ac mobil untuk mempebaiki fan belt yang putus tersebut. Nantinya hal ini akan berpengaruh dan membuat AC pada mobil anda akan kembali dapat berfungsi seperti biasanya kembali.

3. Tekanan Pada Sistem AC Yang Berlebih
Jika pengisian oli kompresor melebisi batas maka hal tersebut akan bisa untuk menimbulkan kelebihan tekanan. Sehingga hal tersebut akan membuat AC bisa menjadi tidak dingin. Kapasitas pada oli kompresor yang berlebihan tersebut akan membuat tekanan di dalam freon menjadi lebih meningkat. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan kompresor menjadi sangat panas dan membuat kondensasi menjadi penghambat.

4. Freon Yang Sudah Habis
Hal ini nampaknya menjadi salah satu hal yang bisa membuat AC di dalam mobil anda menjadi tidak dingin. Untuk itu, anda pun perlu untuk rajin mengecek kondisi pada freon anda. Sehingga kejadian seperti freon yang habis maupun freon yang berkurang tidak akan terjadi. Apalagi jika terdapat kebocroan pada sambungan pipa maupun selang yang membuat anda harus membawanya menuju tempat service AC mobil untuk memperbaiki freon tersebut.

Hal ini tentu saja menjadi sangat penting sehingga nantinya AC anda pun akan dapat menjadi normal kembali. Dengan begitu, ketika AC menjadi normal dan mampu berfungsi dengan baik maka hal tersebut akan membuat anda menjadi lebih nyaman ketika sedang berkendara dan berada di dalam mobil. Sehingga anda pun akan tentunya lebih bisa untuk berkendara dengan kondisi yang tidak panas. Untuk itu, lakukan pengecekan secara rutin agar AC dapat bekerja dengan baik.