Cara Mengetahui Kode dan Jenis Faskes Tingkat 1 BPJS ala SehatQ.com

Ketika akan mengunjung klinik terdekat, tentunya para pengguna BPJS rasanya penasaran apakah kartu keanggotaan aktif yang dibayar setiap bulannya berlaku atau tidak disana. Karena sebagai pengguna BPJS memang diberikan keleluasaan memakai segala macam bentuk fasilitas kesehatan sesuai dengan kelas yang dipilihnya. Lalu bagaimana mengenali jenis dan kode kartu BPJS yang tersedia di klinik tujuan Anda itu? Didalam penjelasan berikut akan dibahas keseluruhan mengenai hal tersebut.

 


Sebagai gambaran, para pengguna harus mengetahui tingkatan yang terdapat pada fasilitas BPJS miliknya. Jika tidak maka setiap prosedur pasti akan berjalan semakin rumit. Selama ini prosedur untuk memakai BPJS menggunakan fasilitas tingkat 1 tergolong sangatlah mudah. Hanya saja para pengguna memang harus memahami lebih dulu apa saja soal tingkatan 1 dan prosedur penggunaannya selama berobat.


Faskes
tingkat 1 merupakan sebuah fasilitas kesehatan yang tersedia di dekat domisili rumah Anda. Hal ini memang ditujukan kepada para pengguna agar lebih mudah memakai, memperoleh dan menggunakan semua fasilitas nomer satu secara mudah saat kondisi darurat. Sejak diberlakukan BPJS sampai saat sudah sekitar 222.002.997 sudah terdaftar aktif sebagai anggota. Dan didalam peraturan Menkes nomor 71 tahun 2013, pembagian fasilitas kesehatan 1 antara lain:
•    Praktek dokter
•    Praktek dokter gigi
•    Puskesmas atau klinik kesehatan
•    Klinik pertama dan setaranya
•    Rumah sakit kelas setara atau kelas D pratama


Prosedur dan Pembayaran Faskes BPJS
Untuk memakai BPJS sesuai faskes kesehatan, memang pengguna harus mendatangi puskesmas terdekat atau klinik sesuai yang sudah ada di faskesnya. Kemudian tahapan yang harus dijalankan pemakai BPJS antara lain:
-    Pasien harus datang berobat sesuai dengan tingkatan fasilitas kesehatan tingkat 1 miliknya yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS.
-    Pemeriksaan pasien akan berjalan sesuai dengan tingkatan fasilitas kesehatannya.
-    Jika ada kendala atau pihak klinik tidak bisa mengatasi permasalahan pasien maka akan dilakukan rujukan ke rumah sakit terkait.
-    Saat tiba di rumah sakit sesuai rujukan maka pasien harus menyerahkan kartu anggota BPJS Kesehatan.
-    Usia dilakukan pemeriksaan maka akan ditetapkan pasien harus rawat inap atau hanya menjalankan rawat jalan saja.
-   Tarif pembayaran dalam pengobatan akan disesuaikan dengan fasilitas kelas BPJS milik pasien.
-   Jika sudah sembuh akan ada fasilitas kontrok sesuai tingkatan fasilitas kesehatan tingkat 1.
-    Jika memang pasien membutuhkan perawatan dengan cepat, maka akan ada rujukan langsung ke bagian IGD (Instalasi Gawat Darurat) yang ada di rumah sakit tujuan.


Sedangkan selama ini di sejumlah klinik atau rumah sakit juga ada kebijakan tersendiri tentang bagaimana sistem pelayanan akan dijalankan.


Mekanisme Pembayaran Iuran BPJS
Kartu BPJS Kesehatan bisa dipakai pada sejumlah klinik maupun rumah sakit yang tersebar di Indonesia. Untuk bisa memakai semua fasilitas kesehatan, pasien lebih dulu memang harus menunjukkan kode dari faskes BPJS serta merujuk ke tempat terdekat sesuai dengan pelayanan yang sudah disediakan dalam fsilitas kesehatannya. Soal mekanisme pembayaran BPJS, terkadang sejumlah orang masih belum mengetahui bagaimana proses pembayarannya. Mekanisme pembayaran yang bisa Anda gunakan antara lain:


1.    ATM
Setelah memasukkan kartu ATM, silahkan menekan menu BPJS Kesehatan dan kemudian masukkan kode virtual akun secara lengkap dan kelas yang akan dibayar. Klik bayar maka BPJS akan terbayar.


2.    Minimarket
Datangi minimarket terdekat jika memang tidak memiliki rekening bank. Tunjukkan ke kasir jika Anda akan membayar BPJS Kesehatan. Kasir akan meminta nomer handphone Anda dan tagihan akan dibayar. Akan ada admin sebesar Rp 2.500 ketika memproses pembayaran di minimarket.


3.    Kantor Pos dan Online
Pembayaran bisa melalui Kantor Pos dengan membawa kartu BPJS dan KTP. Proses pembayatan tidak akan dikenakan biaya tambahan. Juga bisa membayar melalu online dengan memasukkan kode virtual akun.


Itulah pembahasan lengkap mengenai BPJS Ketenagakerjaan dan klinik terdekat atau rumah sakit yang bisa Anda gunakan untuk berobat memakai fasilitas kesehatan tersebut. Semoga memberikan tabahan pengalaman bagi Anda semuanya.